Cara mengetik cepat 10 jari pada keyboard serta software online teknik tutorial

Cara mengetik cepat 10 jari pada keyboard serta software online teknik tutorial. Bagi Anda yang pada saat ini ingin belajar mengetik dengan 10 jari, maka terbaik-indonesia.com akan memberikan prinsip-prinsip dasar dalam menguasai teknik mengetik cepat yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Mengetik cepat bukanlah hanya sekedar kebiasaan saja, akan tetapi bila Anda pernah mencermati orang dengan kemampuan mengetik tingkat tinggi yang terlihat lincah dalam urusan ketik mengetik pada keyboard komputer, maka percayalah bahwa hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan atau karena faktor kebiasaan semata akan tetapi karena ia telah memahami sebuah teknik rahasia dalam mengetik dan teknik tersebut akan segera diungkap secara rinci pada artikel ini.

Sebelum memulai tutorial cara belajar mengetik cepat ini, ada beberapa hal yang Anda mesti siapkan terlebih dahulu, diantaranya adalah sebuah keyboard komputer yang nyaman untuk digunakan serta materi tulisan yang bertajuk apa saja terserah Anda yang nantinya digunakan untuk latihan. (sebaiknya terdiri dari kumpulan abjad dan angka). Setelah semuanya siap, maka mari kita lanjutkan kepada pendalaman materi cara cepat, mudah dan efektif mengetik 10 jari dengan cepat ini.

1. Rahasia belajar mengetik cepat dengan 10 jari yang pertama adalah selalu memastikan jari telunjuk kanan Anda berada pada huruf J sedangkan telunjuk jari kiri berada pada huruf F. Hal ini merupakan kunci utama teknik mengetik cepat karena tombol pada huruf J dan F memiliki tekstur tonjolan seperti bentuk underscore ( _ ) yang bisa Anda rasakan. Tonjolan tersebut bisa dikatakan sebagai alat "navigasi" jari yang menjadi "pakem" atau aturan utama dalam mengetik. Selalu pastikan kedua jari telunjuk Anda berada disana (lihat gambar 1.0).
Gambar 1.0 - Teknik mengetik 10 jari
2. Pada gambar 1.0 diatas, jari-jari pada tangan kiri terdapat huruf ASDF (sejajar) menjadi home row keys yang artinya Anda harus selalu memposisikan jari-jari tangan kiri selalu berada pada huruf-huruf tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk jari-jari tangan kanan yang juga harus selalu berada dalam posisi huruf JKL; (sejajar) yang mana setelah Anda menekan huruf-huruf lain, maka Anda harus mengembalikan jari-jari Anda ke posisi semula (posisi awal).

3. Hafalkan barisan huruf-huruf yang ada pada tombol (tuts) keyboard dan kemudian aplikasikan dalam sebuah bentuk latihan sederhana misalnya dengan mengetik kombinasi huruf-huruf sesuai dengan fungsi jari-jari tangan sebelah kiri dan kanan. Sebuah contoh sederhana adalah mengetikkan QWERTYUIOP (barisan huruf paling atas) ASDFGHJKL (barisan huruf bagian tengah) dan ZXCVBNM (barisan huruf paling bawah). Selain untuk melatih ingatan Anda terhadap letak-letak huruf, cara ini juga mempermudah Anda untuk melatih gerakan jari-jari tangan agar tidak kaku. Setelah lancar maka latihan bisa dilanjutkan dengan menghafal letak posisi special character seperti :">'. dan juga angka-angka.  
Gambar 1.1 - Letak posisi jari tangan saat menggunakan keyboard (adjustable)
Letak dan posisi jari-jari tangan kiri saat mengetik:
Jari kelingking : gunakan untuk menekan huruf Q dan A
Jari manis : gunakan untuk menekan huruf W, S dan Z
Jari tengah : gunakan untuk menekan huruf E, D dan X
Jari telunjuk : gunakan untuk menekan huruf F, G, R, T, C dan V
Ibu jari atau Jempol : gunakan untuk menekan tombol Spasi (Space)

Letak dan posisi jari-jari pada tangan kanan saat mengetik:
Jari kelingking : gunakan untuk menekan huruf P ; .
Jari manis : gunakan untuk menekan huruf O L .
Jari tengah : gunakan untuk menekan huruf I, K dan M
Jari telunjuk : gunakan untuk menekan huruf Y, U, H, J, N dan B
Ibu jari atau Jempol: gunakan untuk menekan tombol Spasi (Space)

4. Setelah Anda berhasil mengingatnya, kini tiba waktunya Anda membuka program aplikasi Ms.Office Word dan berlatih membuat rangkaian kalimat-kalimat. Bahan untuk latihan bisa Anda dapatkan dari majalah, koran, tabloid dan lain sebagainya. Lakukan selama 30 menit setiap harinya selama 2 sampai dengan 3 minggu dengan bahan materi yang berbeda-beda dan kemudian lihat hasilnya. Dalam jangka waktu kurang dari 1 bulan pasti Anda sudah bisa mengetik dengan lincah.

Untuk semakin mempercepat proses belajar mengetik yang Anda lakukan, Anda juga bisa menggunakan beberapa program aplikasi mengetik dengan cepat. Untuk mendapatkannya secara online Anda bisa langsung mengunjungi situs ini: www.rapidtyping.com.

Sedikit catatan tambahan dari terbaik-indonesia.com, mengetik merupakan metode penggabungan dari teknik serta kebiasaan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Oleh karenanya Anda bisa mengembangkannya sendiri dengan teknik yang Anda miliki jika sekiranya dirasa cukup nyaman dan tidak mengganggu koordinasi pergerakan jari jemari Anda. Demikianlah informasi serta pembahasan mengenai cara mudah mengetik cepat 10 jari lengkap dengan software tutorial pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


(red: tri haryadi)


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

5 komentar: on "Cara mengetik cepat 10 jari pada keyboard serta software online teknik tutorial"

Anonim mengatakan...

Artikelnya bagus.. sangat bermanfaat...
silahkan kunjungi

http://motogp.unsri.ac.id/

sri mulya mengatakan...

terima kasih atas info yang telah anda berikan, ,
tapi akan lebih baik jika anda dapat mengunjungi situs kami di http://unsri.ac.id

Tutorial mengatakan...

nice info..thanks...

zola123 mengatakan...

website untuk tes mengetik www.playtyping.com

superwash mengatakan...

wah matap. ane mau belajar juga nih. biar sa cepat ngrtik.

Poskan Komentar

Blog ini tidak menggunakan sistem moderasi komentar, jadi berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel. Jangan mencoba untuk spamming berupa lebih dari 1 (satu) livelink karena komentar akan langsung dihapus oleh administrator. Jadi manfaatkanlah fasilitas komentar ini dengan sebaik-baiknya. Terima kasih ~ Tri Haryadi ~