Cara mendapatkan Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan persyaratannya

Kartu Jakarta Sehat merupakan salah satu layanan sosial di bidang kesehatan masyarakat yang diprakarsai oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Gubernur menyampaikan bahwa cara mendapatkan Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan persyaratannya sangatlah mudah dan tidak akan dipersulit. Yang diperlukan oleh masyarakat hanyalah membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) ke puskesmas yang terdekat dari wilayahnya masing-masing.

Warga Jakarta sekiranya boleh berbangga diri sebab rencana serta gagasan dari Gubernur DKI Jakarta kini akan segera direalisasikan. Nantinya Kartu Jakarta Sehat berangsur-angsur akan meniadakan Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM yang sekarang masih digunakan. Cara mengurus Kartu Jakarta Sehat yang mudah ditambah manfaat dan fungsinya yang begitu banyak tentu akan semakin membuat masyarakat diuntungkan karena semua fasilitas kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat akan bisa diperoleh dengan gratis tanpa dipungut biaya.

Adapun penggunaan Kartu Jakarta Sehat adalah hanya memfasilitasi tindakan pengobatan penyakit, bukan untuk keperluan kecantikan ataupun kosmetik seperti pembuatan behel atau kawat gigi, penggunaan silikon untuk memperbaiki bentuk fisik ataupun pembiayaan kacamata yang tidak mengindikasikan adanya kepentingan medis. Selain itu, semua biaya akan dibebankan ke anggaran pemerintah. Sedangkan bagi warga yang melakukan pengobatan di rumah sakit, maka wajib baginya untuk mendapatkan surat rujukan dari puskesmas tempatnya berobat.

Kartu Jakarta Sehat (KJS)
Sedianya Kartu Jakarta Sehat akan dibagikan secara merata kepada semua masyarakat Jakarta lapisan bawah pada tahun 2013. Meskipun demikian, Kartu Jakarta Sehat sudah mulai di distribusikan pada bulan ini. Jadi bagi mereka yang membutuhkannya, maka bisa segera mendaftarkan diri ke puskesmas terdekat. Setelah mendaftar, maka pihak puskesmas kemudian akan melakukan pendataan masyarakat untuk selanjutnya diberikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Proses pembuatan kartu ini membutuhkan waktu, namun warga bisa langsung mengambil Kartu Jakarta Sehat lewat puskesmas tempatnya mendaftar setelah kartunya jadi.

Kartu Jakarta Sehat merupakan sebuah rencana yang dicanangkan oleh Gubernur dan Wagub dalam program masa 100 hari jabatannya, selain itu pengadaan proyek-proyek pembangunan Jakarta juga menjadi salah satu agenda yang perlahan-lahan mulai direalisasikan. Namun ternyata belum genap 100 hari menjabat, kartu ini pun bisa segera dinikmati oleh masyarakat yang membutuhkan. Nah, sudahkah Anda mendapatkan informasi pembuatan Kartu Jakarta Sehat ini?. Jika belum, maka sebaiknya segera daftarkan diri Anda ke puskesmas-puskesmas yang terdekat dari domisili Anda agar bisa mendapatkan manfaat berupa layanan kesehatan gratis dari pemerintah DKI Jakarta, karena baik cara ataupun syarat yang diperlukan untuk membuatnya sangatlah mudah.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Cara mendapatkan Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan persyaratannya"

Poskan Komentar

Blog ini tidak menggunakan sistem moderasi komentar, jadi berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel. Jangan mencoba untuk spamming berupa lebih dari 1 (satu) livelink karena komentar akan langsung dihapus oleh administrator. Jadi manfaatkanlah fasilitas komentar ini dengan sebaik-baiknya. Terima kasih ~ Tri Haryadi ~