Menu diet sehat dan tips menu makanan rendah kalori penurun berat badan

Menu diet sehat dan tips menu makanan rendah kalori penurun berat badan. Melakukan diet memang bukanlah hal yang mudah dan bisa dilakukan secara instant. Semuanya memerlukan proses serta perjuangan pada saat Anda memutuskan untuk mengurangi berat badan Anda saat ini. Namun janganlah takut karena selama Anda berusaha dengan maksimal dan konsisten, sesungguhnya pengorbanan yang Anda lakukan guna menjalani program diet sehat pasti akan membuahkan hasil. Ingatlah selalu bahwa keberhasilan merupakan buah dari akumulasi kerja keras serta konsistensi, jadi yakinlah bahwa untuk melakukan program diet sehat bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dilakukan.

Selain pola makan yang rendah kalori dan sehat, program diet yang baik tentunya juga harus diimbangi dengan olah raga yang rutin serta teratur. Olah raga yang paling sederhana yang bisa Anda lakukan misalnya adalah dengan berjalan kaki di pagi hari. Dengan berjalan kaki saja pada dasarnya telah menggerakkan sebagian besar bagian tubuh yang tentunya akan bisa membakar sejumlah kalori yang terdapat dalam tubuh Anda. Selain itu berjalan kaki tanpa menggunakan alas juga bisa menghasilkan pijatan refleksi yang menyehatkan tubuh Anda. Jadi lakukanlah kegiatan ini secara konsisten dan rutin.

Dalam melakukan program menu diet sehat sesungguhnya bukanlah berarti mengurangi jumlah porsi yang Anda makan, akan tetapi menggantinya dengan bahan-bahan makanan yang bisa lebih mengoptimalkan jumlah asupan gizi dengan jumlah kalori yang jauh lebih sedikit. Sebagai contoh, misalnya jika Anda biasa mengkonsumsi nasi setiap hari. Nah, untuk mensiasatinya maka Anda bisa dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang berserat tinggi yang bersumber pada protein nabati seperti buah, sayur-sayuran ataupun kacang-kacangan. Serat juga bisa menunda rasa lapar. Hal itu disebabkan oleh efek serat yang bisa memperlambat konsentrasi insulin. Kadar konsentrasi insulin yang tinggi dalam darah pada dasarnya adalah merupakan salah satu pemicu timbulnya rasa lapar. Oleh karenanya serat merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam program diet yang sehat.

Terbaik-indonesia.com sebagai salah satu blog majalah tips dan informasi online akan memberikan tips serta informasi menarik seputar menu diet sehat sarapan pagi, makan siang dan juga makan malam yang rendah kalori dan bisa Anda coba. Selain itu, situs juga akan memberikan informasi seputar tanaman herbal yang bisa Anda gunakan untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Anda pasti tertarik bukan, tanpa berlama-lama lagi, inilah beberapa tips menu diet sehat dan tips menu makanan rendah kalori penurun berat badan untuk Anda:

Menu diet sehat dan tips menu makanan rendah kalori penurun berat badan - www.terbaik-indonesia.com
Menu diet sehat
Menu diet sehat sarapan pagi
Roti gandum terbukti memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan memiliki manfaat yang baik bagi program diet Anda. Disamping itu serat juga sangat bagus untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Nah, bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi nasi setiap pagi, mulai kini Anda bisa merubah menu sarapan pagi Anda.  Jika Anda mau, alternatif menu sarapan pagi lainnya bisa berupa keju yang digunakan untuk campuran omelet. Guna semakin memperkaya rasa dan menggugah selera sarapan, Anda juga bisa menambahkannya dengan berbagai sayur-sayuran seperti sawi, selada, brokoli ataupun jamur. Kandungan serat tinggi yang terdapat pada sayur bisa memenuhi kebutuhan kalori serta tenaga bagi tubuh Anda hingga tiba waktunya makan siang. Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan segar yang memiliki banyak kandungan vitamin A dan C seperti jeruk, pepaya, pisang ataupun apel. 

Menu diet sehat makan siang
Meskipun menjelang makan siang perut Anda telah terasa lapar, namun Anda tetap harus fokus dan mengontrol keinginan makan agar diet yang Anda jalani membuahkan hasil dengan cepat mudah serta efektif. Hindari makanan-makanan yang mengandung kalori tinggi seperti mie, nasi ataupun bihun. Sebagai menu makanan alternatif pengganti nasi yang bisa Anda coba yaitu berupa asupan makanan yang berasal dari kacang-kacangan yang rendah kalori. Selain lebih sehat, kandungan karbohidrat yang terdapat didalam kacang-kacangan juga akan cukup mengenyangkan hingga tiba waktunya makan malam. Silakan dicoba.

Menu diet sehat makan malam
Saat makan malam, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan sebab asupan kalori yang dibutuhkan bagi tubuh pada malam hari tentu saja berbeda dibandingkan dengan saat Anda melakukan aktifitas pada pagi dan siang hari. Hindarilah makanan yang banyak mengandung lemak serta protein yang kaya akan kandungan kalori seperti daging dan nasi. Mengkonsumsi kalori yang tinggi namun tidak di imbangi dengan aktifitas yang bisa membakar kalori akan menyebabkan metabolisme tubuh kesulitan untuk merubahnya menjadi tenaga. Pada fase inilah penumpukan lemak bisa kembali terjadi dan program diet sehat Anda menjadi terhambat.

Agar kecukupan akan protein hewani bagi tubuh terpenuhi, maka Anda bisa mengkonsumsi ikan sebagai bahan makanan pengganti daging. Ikan memiliki kandungan omega-3 yang bagus untuk perkembangan otak dan peremajaan jaringan sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan. Agar menu tak terkesan monoton, Anda juga bisa mencampurnya dengan jamur, brokoli atau sayur-sayuran hijau lainnya. Mengkonsumsi sepotong coklat di malam hari dengan porsi yang tidak terlalu banyak juga bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa lapar yang cukup ampuh jika dibandingkan jika Anda mengkonsumsi cemilan.

Beberapa tips alami tanaman herbal yang terbukti ampuh untuk membantu program diet yang bisa Anda coba diantaranya adalah teh hijau, tanaman lidah buaya (aloevera), rebusan akar alang-alang, ginseng, minyak dan air kelapa. Bagi Anda yang ingin mencoba tips menu diet sehat ini, maka tak lupa terbaik-indonesia.com mengucapkan selamat mencobanya dan semoga membuahkan hasil.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Menu diet sehat dan tips menu makanan rendah kalori penurun berat badan"

Banyu Biroe mengatakan...

Tepat sekali pembahasannya, pola hidup sehat harus dipelajari juga tentang efek samping makanan-makanan favorit kita terhadap kesehatan kita seperti yang saya ulas di makanan penyebab jerawat, mungkin efek yang tergolong ringan dari dampak kelebihan kalori adalah munculnya jerawat, tapi itu akan menjadi masalah besar bagi remaja

Poskan Komentar

Blog ini tidak menggunakan sistem moderasi komentar, jadi berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel. Jangan mencoba untuk spamming berupa lebih dari 1 (satu) livelink karena komentar akan langsung dihapus oleh administrator. Jadi manfaatkanlah fasilitas komentar ini dengan sebaik-baiknya. Terima kasih ~ Tri Haryadi ~