Hot!

Tips cara merawat kawat gigi yang baik agar tetap sehat

Tips cara merawat kawat gigi yang baik agar tetap sehat. Menggunakan behel atau kawat gigi pada jaman sekarang merupakan hal yang lumrah dan jamak dilakukan baik oleh wanita maupun pria. Secara medis penggunaan kawat gigi adalah untuk mengatur susunan bentuk gigi agar menjadi lebih teratur, sejajar dan terlihat rapi. Meskipun pada awalnya penggunaan kawat gigi adalah untuk kesehatan, namun seiring dengan perkembangannya, penggunaan kawat gigi juga menjadi bagian dari trend di masyarakat terutama dikalangan anak muda.

Meskipun pemakaian kawat gigi sesungguhnya adalah aman, akan tetapi penggunaan kawat gigi yang tidak dibarengi dengan perawatan yang rutin justru akan bisa menyebabkan rusaknya gigi serta memicu tempat perkembangbiakan bakteri-bakteri yang bisa membahayakan kesehatan gigi Anda. Oleh karenanya kawat gigi harus selalu dijaga kebersihannya secara rutin. Lalu bagaimana cara merawat kawat gigi yang baik?. Berikut adalah tips-tipsnya:
Penggunaan kawat gigi
Menghindari makanan yang keras
Usahakan untuk tidak memakan makanan yang memiliki tekstur yang keras sehingga bisa membahayakan posisi behel atau kawat gigi Anda. Pilah dan pilih serta konsumsilah makanan yang lunak selama Anda menjalani terapi kawat gigi. Jika Anda saat ini juga tengah menjalani program diet maka disarankan juga untuk melakukan diet dengan menggunakan menu diet yang sehat dan makanan rendah kalori seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Cara mengunyah yang baik dan benar
Cara mengunyah orang yang menggunakan kawat gigi dan yang tidak sesungguhnya memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu signifikan. Bagi Anda yang menggunakan kawat gigi, maka disarankan untuk mengunyah makanan hingga lembut dan makan secara perlahan. Selain hal tersebut memiliki manfaat bagi pencernaan, mengunyah makanan dalam ukuran yang kecil dan perlahan akan menghindarkan Anda dari terluka akibat gesekan antara kawat gigi.

Hindari permen karet dan makanan yang lengket
Hindari makan makanan yang memiliki tekstur lengket seperti dodol atau permen karet. Selain sulit dikunyah, permen karet ataupun makanan lengket lainnya dijamin akan membuat Anda kerepotan, terutama saat harus membersihkan kawat gigi.

Jangan mengkonsumsi terlalu banyak gula
Sepertinya sudah bukan rahasia lagi jika konsumsi gula yang berlebih akan memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, terutama kesehatan gigi. Glukosa atau gula merupakan zat yang disukai oleh bakteri. Bakteri-bakteri tersebut kemudian akan berkumpul disekitar kawat gigi dan mulai membuat lubang di gigi Anda.

Banyak minum air putih dan berkumur
Air putih memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Terlebih lagi bagi Anda yang menggunakan kawat gigi. Selain membuat mulut menjadi lebih segar, minum atau berkumur juga bisa membersihkan mulut Anda dari bakteri yang merugikan. Cara ini merupakan cara yang paling praktis untuk menjaga kawat gigi agar selalu dalam kondisi baik.

Gunakan gigi geraham untuk mengunyah makanan
Biasakanlah untuk menggunakan gigi geraham atau gigi belakang pada saat mengunyah makanan yang memiliki tekstur cukup keras. Selain agar tidak mempengaruhi konstruksi kawat gigi yang Anda kenakan, cara ini juga akan membuat makanan cepat menjadi lumat.

Rajin menggosok gigi
Rajin menggosok gigi secara rutin adalah syarat yang diperlukan bagi para pengguna kawat gigi. Lakukan hal ini secara teratur dan sesering mungkin agar mulut dan kawat gigi Anda selalu bersih setiap saat, terutama saat pagi hari dan menjelang tidur.

Konsultasi dengan dokter
Segera konsultasikan ke dokter gigi saat kawat gigi yang Anda kenakan memiliki masalah seperti rasa ngilu ataupun rasa sakit saat mengunyah. Anda juga bisa berkunjung ke klinik gigi untuk membersihkan kawat gigi yang Anda pakai secara teratur, minimal 1 kali dalam sebulan agar kondisi kawat gigi tetap prima dan sehat.

0 komentar:

Poskan Komentar