Hot!

7 Tempat Wisata Pekalongan Yang Menarik Dikunjungi

7 Tempat Wisata Pekalongan Yang Menarik Dikunjungi. Membahas tentang salah satu kota di Jawa Tengah yang bernama Pekalongan, satu hal yang pasti langsung terlintas di benak kita tentu adalah kain khasnya, Batik. Batik Pekalongan bukanlah baru-baru ini saja terkenlanya, akan tetapi sejak dulu Pekalongan memang dikenal karena batiknya yang memiliki ragam motif indah. Hal ini pulalah yang kemudian menjadikan kota di Pantura ini dijuluki Kota Batik.

Selain menawarkan wisata belanja Batik, Pekalongan juga ternyata memiliki beberapa spot tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apa saja?. Berikut ulasannya.

Kota Pekalongan
Tempat Wisata Pekalongan Yang Menarik Dikunjungi

Museum Batik Pekalongan


Museum Batik Pekalongan berada tak jauh dari pusat kota Pekalongan. Di dalam museum ini, anda akan menjumpai banyak koleksi batik, mulai dari batik zaman penjahan Belanda, batik zaman Jepang yang disebut Batik Hokokai, batik kuno yang berusia ratusan tahun, sampai batik dari seluruh penjuru Indonesia. Tak hanya batik, Museum Batik Pekalongan juga menyimpan koleksi kebaya encim yang dulu dikenakan oleh wanita Tionghoa yang tinggal di Pekalongan. Bagi Anda yang mungkin ingin menjalani bisnis sebagai reseller batik, di tempat ini juga banyak supplier yang memberikan harga batik murah untuk di jual kembali. (baca: Perlunya Mengetahui Harga Supplier Sebelum Berbelanja)


Pantai Pasir Kencana


Berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota terdapat Pantai Pasir Kencana yang menjadi salah satu tempat favorit warga Pekalongan karena ada banyak wahana permainan yang tersedia untuk anak-anak. Biasanya Pantai Pasir Kencana sangat ramai saat Perayaan Syawalan.


Curug Bajing


Curug Bajing berlokasi di Kecamatan Petungkriyono. Untuk sampai ke curug ini tidaklah sulit. Dari pusat kota, anda hanya perlu menempuh 1,5 jam perjalanan, dimana sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan hijaunya hutan dan terasering seperti di Bali. Setibanya di Curug Bajing, anda akan disambut oleh air yang segar dan pemandangan hutan hijau di sekitar curug. Curug Bajing sejatinya merupakan curug bertingkat, dimana anda dapat mencapai ke curug utama. Anda cukup menyeberangi sungai, menaiki bukit, kemudian berjalan kaki sebentar. Namun selama berada di curug utama, anda harus berhati-hati karena debit air yang besar. Selama berada di Curug Bajing, anda akan merasakan nuansa yang benar-benar alami. Tidak ada suara kendaraan bermotor apalagi polusi. Yang ada hanya suara gemericik air terjun, kicauan burung, dan hembusan angin.


Desa Wisata Lolong


Desa Wisata Lolong sangat mengandalkan buah durian, karena desa ini memiliki banyak perkebunan durian yang dapat dinikmati sepanjang musim durian, yakni sekitar bulan Desember sampai Maret. Di waktu-waktu inilah anda dapat merasakan kelezatan durian dari pohonnya langsung. Sepanjang perjalanan menuju Desa Lolong, anda akan disuguhi pemandangan keindahan perkebunan durian milik warga. Selain menikmati buah durian, Desa Wisata Lolong juga menawarkan aktivitas rafting menyusuri Sungai Singkarang, yang mana dikelola oleh Lolong Adventure.


Linggo Asri


Inilah puncak ala Pekalongan. Daerah yang terletak di ketinggian ± 8000 mdpl ini bernama Linggo Asri. Tak hanya menjadi tempat berwisata dan rekreasi, Linggo Asri juga menjadi tempat yang asyik untuk belajar dan berolahraga. Keindahan alam pedesaan yang begitu alami membuat Linggo Asri pantas dijadikan tempat berkemah dan menyatu dengan alam.


Gunung Rogojembangan


Gunung ini memiliki ketinggian ± 2000 mdpl dan dapat dijangkau melalui 2 akses pendakian yakni melalui Pekalongan dan Banjarnegara. Namun yang paling favorit di antara keduanya adalah Pekalongan, atau lebih tepatnya melalui Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyono. Selama perjalanan menuju puncak, anda harus melalui jalur cukup curam. Namun tak perlu khawatir karena anda akan disuguhi pemandangan yang indah, mulai dari air terjun, hingga tumbuhan anggrek putih dan kantung semar yang tumbuh di hutan tropis di sekitar gunung. Sebagaimana gunung pada umumnya, Gunung Rogojembangan juga cocok dijadikan tempat berkemah, menikmati suasana alam dengan lebih tenang.


Kebun Teh Pagilaran


Perkebunan teh ini terletak di wilayah perbukitan Dieng. Dengan ketinggian mencapai 1700 mdpl, Kebun Teh Pagilaran menyuguhkan udara yang sejuk cenderung dingin dan hamparan perkebunan teh yang hijau dan menyegarkan mata. Selain menyuguhkan keindahan perkebunan teh, Kebun Teh Pagilaran juga menyediakan berbagai wahana permainan seperti kolam renang, flying fox, dan kebun binatang mini. Di areal perkebunan ini, anda akan menemukan pabrik teh yang telah ada sejak zaman kolonial lengkap dengan peralatan pengolahanya seperti alat untuk pemotong teh, pengering teh hingga timbangan. (baca: Timbangan Digital Untuk Keperluan Rumah Tangga)

Di pabrik ini anda dapat melihat langsung proses produksi teh, mulai dari daun hingga menjadi teh siap hidang. Aktivitas pemetik daun teh juga tak kalah menarik untuk disaksikan. Jika ingin menginap, anda dapat menyewa homestay.

0 komentar:

Poskan Komentar